Sabtu, 28 Mei 2016

Dekorasi Restaurant untuk Sangjit

Halo,
Seperti yg sudah aku mention sebelumnya, untuk dekorasi sangjit ini akan ku buat sendiri, secara kalau pakai jasa dekor ini agak pricey, yg sudah aku tanya", sekitar 4-12jt, dan ada juga yg biaya dekornya start dari 1,5jt per table, karena aku 3 table, berarti minimal biayaku di kenakan 4,5jt hanya untuk hiasan meja saja belum termasuk backdrop, dll. Agak out of budget, dan apalagi sangjit ini sebenarnya tidak perlu pakai dekor - dekoran pun sudah cukup. Hanya seserahan dan makan - makan aja. Tapi emang dasar akunya yg kecentilan, jadi mau pake dekor" simple dan semuanya aku buat dan siapin sendiri.

Yang aku gunakan untuk dekorasi ini antara lain :


1. Kain untuk taplak /  hiasan di meja
Di Sin Cin sebenarnya sudah dapat taplak warna cream, jadi aku tinggal beli kain pemanis warna biru supaya ada chinoiserie touchnya aja. Untuk diameter di meja bulat di Sin Cin kurang lebih 180 cm, jadi untuk kain ini aku beli 150x300 cm, nantinya kain ini akan membentang di tengah. Aku minta tolong sellernya untuk potong kainnya dengan ukuran 50x300cm. Harganya Rp. 21.500,-  per meter, dan bisa di beli di sini. Kain setelah di potong pasti berantakan serat - serat kainnya, jadi harus di neci / di sum (bawa ke jasa tukang jahit).

2. Vase Bunga

Untuk Vase bunga, aku beli di mangga dua square lantai ground (tidak ada nomor toko, lokasinya di di hall bagian belakang, bisa di tanyakan ke satpam aja, pasti pada tau). Di sana banyak banget vase, guci, dan keramik dengan tema ini. range harga start dari 100rb-jutaan. Untuk vas chinoiserie ini, aku beli 3 vase medium, dan 2 vase kecil, total Rp. 700.000,-. Lalu aku juga beli  vase kaca kecil di sini, harganya Rp. 79.000,-. Total pembelian vas Rp. 779.000,-

3. Artificial Flower

Aku pribadi pecinta keindahan, jadi suka banget yg namanya bunga, Jadi pas belanja bunga - bunga ini, rasanya bisa betah seharian di sana. Bunga aku beli di Pasar Pagi Mangga Dua, lantai basement blok B. Di sana merupakan area penjual bunga. Jadi kamu bebas milih mau beli di toko mana, dan rata - rata tiap toko menjual bunga yang sama, dan harganya juga kurang lebih sama. 
Dekorasi bunga untuk 3 meja, aku beli :
·   3 bouquet peony biru @ Rp.95.000,-
·   1 bouquet hydrangea biru,  2 bouquet hydrangea putih @ Rp.70.000,-
·   1 bouquet rose putih @ Rp.25.000,-
·   1 bouquet rose royal blue @ Rp.25.000,-
·   2 bouquet baby breath @ Rp.25.000,-
·   1 pack ranting @ Rp.30.000,-
·   3 pcs Sunflower biru ukuran kecil @ Rp. 10.000,-
·   2 pcs berryfoam biru @ Rp. 58.000,-
·   1 pcs pompom flower biru @ Rp. 65.000,-
·   1 pack foam @ Rp. 10.000,-

4. Acrylic dengan tulisan Shuang Xi

Untuk sign ini aku buat dengan size 55 cm, di cat dengan warna gold, harganya Rp. 250.000,- beli di instagram @kayukayu.id. Fotonya aku update kalau sudah jadi.

5. Lilin Elektrik

Lilin ini ada 2 size, bisa di beli di sini. Harganya untuk yg kecil 4cm Rp. 7.400 per pcs, dan yg medium 7,8cm harganya Rp. 23.700,-.

6. Artificial Pearl & Diamond

Ini koleksi pribadi, jadi aku lupa untuk rincian harganya. Bisa di beli di toko Charisma Mangga Dua, atau di tokopedia juga sudah banyak yg jual.

7. Table Mat

Untuk table mat, di design oleh camiku (kebetulan dulu dia kuliah jurusan DKV, LOL). Lalu aku print sendiri aja di atas kertas A4.

Dan kurang lebih begini hiasan yg akan ada di mejanya nanti :


Dan rekap budgetnya :
·   Kain + neci (jahitan untuk rapihin kain) = Rp. 89.500,-
·   Vas Bunga = Rp. 779.000,-
·   Artificial Flower = Rp. 821.000,-
·   Kayu dengan tulisan Shuang Xi = Rp. 150.000,-
·   Gluetack = Rp. 30.000,-
·   Lilin Elektrik = Rp. 124.400,-
·   Artificial Pearl & Diamond, kurang lebih = Rp. 50.000,-
·   Table mat = kertas & printer pribadi.
·   Sangkar burung (aku cat emas), property pribadi.
TOTAL : Rp. 2.043.900,- untuk 3 meja.

Well, kurang lebih sih begini biayanya. Kalau ada yg mau di tanyakan, silahkan leave comment aja ya. Thanks

4 komentar:

  1. wuih, nanti kalau udah ada foto2 pas sangjitnya, di share ya.. hihihi.. salut sama niat km buat ngedekor meja buat sangjit.. :D
    dulu aku sama sekali gak kepikiran ttg ini. cuma fokus ke dekor meja pas resepsi.. mengingat biaya buat dekorasi itu juga lumayan menguras kantong. hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini pun agak out of budget Cyn, aku kira 1jt cukup, eh ternyata sampe di 2jt LOL. cuma sehabis acara, si bunga dan perintilannya kan bisa ku pake lagi untuk hiasan rumah.. kl jasa dekor, uda bayar, propsnya ga jadi milik kita pula #gamaurugi. Meja resepsi malah aku ga terlalu fokus, hanya di pakein party stationery aja Cyn. Kl mau di dekor lg, alamak 55 meja bayarnya boncosss.. hahaha.

      Hapus
  2. Des, salut sih sama kamu, bagus banget bunganya. Trus niat banget buatnya. Hehehe. Dibikin usaha aja :). Lumayan membantu capeng capeng malas kayak aku :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwk dasarrrr!! kl ini berhasil, mungkin mau buka jasa dekor sih Stel ;p

      Hapus