Kamis, 24 Maret 2016

Visa Waiver Jepang

Halo,
Kali ini aku mau sharing pengalamanku minta visa di kedutaan Jepang dengan e-passort. Ternyata mudah bangetttttt, si e-passport ini walau lebih mahal sedikit, tapi lebih worthed. 

Yg dibutuhkan untuk visa waiver ini hanya 2 :
1. E-passport
2. Form Waiver (bisa di download di sini)

Jadi kemarin aku buat e-passport itu di tanggal 22 Maret 2016. Tiba di kedutaan Jepang jam 6.30. Untuk parkir terdekat adalah di The Plaza, karena di kedutaannya sendiri tidak ada tempat parkir mobil. Loket buka jam 8.30. FYI kita antrinya di depan, area parkir motor kedubes,

Ketika loket dibuka, langsung di arahin buat ngantri di line, untuk masuk ke kedutaannya. Masuknya per 3 orang (per-orangan), dan 2 orang pihak tour, total 5 orang sekali masuk. Di dalam ada 5 loket, 3 loket A untuk pengurusan Visa, 2 loket B sepertinya loket untuk pengurusan keluarga, certificate, dll (CMIIW).

Setelah masuk ke kedubes, jangan lupa ambil nomor antrian di mesin A. Ingat di mesin A ya, karena mesin B itu untuk pengurusan lain" selain VISA. Kemarin karena masih pagi, aku dapat antrian nomor A-007.


Setelah ambil nomor, kita akan di berikan form tanda terima gitu (kalau ga salah 3 rangkap ya). Form di isi sendiri untuk mempercepat proses permintaan visa. Tunggu saja setelah nomor di panggil, pergi ke loket, dan cukup kasih form, nomor antrian, e-passport dan tanda terima visa. Tanda terima di berikan nomor dan di kembalikan lagi ke kita untuk proses pengambilan passport. Visa waiver ini langsung bisa di ambil ke-esokkan harinya.

23 Maret 2016
Hari ini balik ke kedubes untuk ambil passport & visa, loket pengambilan buka jam 13.30 - 15.00. Aku tiba jam 13.50, dan JENGGG antrian udah sampe ujung wkwkwk. Kurang lebih ngantri sekitar 1 jam untuk bisa masuk ke dalam. Untungnya lagi mendung, jadi adem dan ga panas"an.


Setelah masuk ke dalam, jangan lupa ambil nomor antrian lagi ya. Jangan lupa ambil nomor antrian di mesin A. Kali ini dapet di nomoR A-360, layanan loket di dalam baru sampai nomor 301, 49 people to go! 


Di dalam kurang lebih nunggu sekitar 40 menit, dan pas nomorku di panggil, voilllaaaa visa sudah jadi! Visa berlaku selama 3 tahun dari tanggal pembuatan, dengan maximum stay 15 hari. Yaaayy, see you soon Japan!

2 komentar:

  1. Jadi nyesel dl engga buat e passport.. jd nya kl mau ke jepang mesti urus visa lg.. :(
    Tp baru tau kl udah punya e passport pun, tetep harus urus visa waiver ya.. nice info.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Cin, tetep harus urus ijin tinggal. Tapi free kok ini, kalau minta visa biasa, selain dokumen yg di butuhkan lebih ribet (KTP, rekening koran, dll), kudu bayar juga 300k++. hihihi.

      Hapus